Minggu, 29 Mei 2011

Sekolah Unggulan Di Purwakarta

SMA Negeri 1 Purwakarta
 
Alamat : Jalan. Kolonel K. Singawinata No.113 Purwakarta

Sejarah singkat :
Pada awal 1957, di Purwakarta (Ibu Kota Keresidenan Jakarta) belum ada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Yang ada hanya Sekolah Menengah Tingkat Pertama yaitu SMP, SKP, SGB dan ST. Di samping SMTP itu berdiri SMTA swasta yaitu SMA Sabha Siswa sehingga ada keinginan dari masyarakat Purwakarta untuk memiliki sebuah SMA Negeri di kotanya sendiri. Dengan dorongan dan keinginan untuk memiliki sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri, diusulkan draft pendirian sekolah dalam Rapat POM SMA Sabha Siswa yang pengajuannya diajukan oleh Bapak Parjan (Pemborong).
Hasil rapat tersebut selanjutnya disampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dengan perantaraan Bapak Gunasah Natabrata (Ketua Yayasan Sabha Siswa) yang pada waktu itu memangku jabatan selaku Wakil Bupati Purwakarta.
Usulan tersebut selanjutnya di bawa ke forum rapat dengan para anggota dewan. Setelah melalui perdebatan yang cukup alot, akhirnya DPRD TK II Purwakarta dengan suara bulat menyetujui didirikannya SMA Negeri di Kabupaten Purwakarta.
Pada bulan April 1957 dibentuklah suatu kepanitiaan yaitu Panitia Pendiri SMA Negeri Purwakarta.

SMA Negeri 3 Purwakarta

Alamat : Jalan. Letkol Abdul Kadir No.15 Purwakarta

Sejarah singkat :
Pada tahun 1987, di Kota Purwakarta baru ada 2 (dua) buah SMA Negeri dan 2 (dua) buah SMA Swasta, yang daya tampungnya hanya sekitar 20 (dua puluh) kelas, berarti hanya menampung 800 Orang siswa lulusan SMP, padahal jumlah SMP Negeri di Kota Purwakarta, sudah ada 5 (lima) dan 2 (dua) SMP Swasta, ditambah SMP Negeri dari luar Kecamatan yang belum ada SMA nya, seperti: Campaka, Jatiluhur, Pasawahan, Plered, Maniis, dan Wanayasa yang jumlah lulusannya itu sekitar 3000 Orang Siswa. Dari data inilah, Pemerintah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten purwakarta mulai memikirkan kembali tentang adanya tambahan jumlah SMA Negeri di Purwakarta. Kesempatan terbuka, dikala keluarnya surat dari Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat bernomor: 2978/I02.0/87, tertanggal 1 Juni 1987, tentang. Pembukaan dan Penerimaan siswa kelas 1 baru untuk SMP/SMA.

SMK Negeri 1 Purwakarta
 
Alamat  : Jalan. Industri Km. 04 Babakan Cikao,  Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta.

Visi dan Misi :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Purwakarta yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan di bidang/kelompok teknologi dan industri yang mana diharapkan mampu menghasilkan/mensuplai calon tenaga kerja tingkat menengah yang terampil sesuai dengan  bidang keahliannya.

SMA Negeri 2 Purwakarta
Alamat  : Jalan. Raya Sadang No. 17 Purwakarta

Visi dan Misi :
SMAN 2 Purwakarta memiliki tujuan, yaitu dalam Mewujudkan iklim belajar yang kondusif, selalu berusaha melengkapi sarana prasarana khususnya sarana prasarana pengembangan ruangan belajar,meningkatkan partisipasi orang tua untuk terlaksananya program sekolah, melaksanakan pembelajaran team teaching untuk meningkatkan mutu pembelajaran, membekali keterampilan komputer bagi siswa untuk menunjang mata pelajaran dan mengahadapi perkemabangan IPTEK, dan Mengembangkan pembelajaran yang berorientasi kepada KTSP ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ).

SMK YPK Purwakarta
 Alamat :  Jalan. Anggrek 1 Ciwareng, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta

Visi dan Misi :
SMK YPK merupakan sekolah swasta tertua yang ada di Purwakarta. Sejak berdiri pada tahun 1977 hingga sekarang selalu konsisten dengan tujuan pembelajaran khusus yang mengacu kepada tujuan pendidikan nasional, yaitu menjadikan SMK YPK sebagai lembaga pendidikan dan latihan yang dapat menyerap aspirasi dua arah baik aspirasi masyarakat umum dan masyarakat industri dan menciptakan manusia seutuhnya melalui pembekalan pengetahuan dan keterampilan.

SMA PGRI 1 Purwakarta

Alamat : Jalan. RE Martadinata No. 87 Purwakarta

Sejarah singkat :
Untuk sekarang di SMA PGRI 1 memiliki 3 jurusan untuk kelas XI dan XII yaitu masing-masing untuk kelas XII terdiri: 2 kelas IPA, 4 Kelas IPS, serta 1 Kelas BHS.begitu juga kelas XI terdiri dari : 2 kelas IPA,4 kelas IPS, serta 1 Kelas BHS. Untuk kelas X terdiri dari kelas X1 s/d X7. 
SMA PGRI 1 Purwakarta merupakan sekolah swasta unggulan di kota Purwakarta. Sekolah ini juga merupakan sekolah favorit di Purwakarta karena sudah terbukti kwalitasnya. 

SMK Bina Taruna Purwakarta
Alamat : Jalan : Industri Km 4 Kadumekar Purwakarta

Sejarah singkat :
Kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas melalui jalur pendidikan untuk menghadapi tantangan kompetitif era globalisasi semakin jelas. Maka didirikanlah SMK Bina Taruna Purwakarta ini pada tahun 1996 sebagai salah satu lembaga penghasil tenaga kerja tingkat menengah perlu terus membenahi diri untuk mengantisipasi hal ini.
Semula SMK Bina Taruna Purwakarta menempati bangunan yang ada di Gg. Beringin kemudian tahun 1997 baru menempati bangunan yang ada di Jl. Kadu Mekar Km. 4 Cikadu.
SMK Bina Taruna Purwakarta ini diprakarsai oleh Drs. Bambang Sutrisno dalam wadah Yayasan Bina Pendidikan Kejuruan (YBPK). Semula hanya ada 2 jurusan tetapi karena adanya tuntutan jaman akhirnya menampung 3 program keahlian.


SMK Negeri 2 Purwakarta 



 Alamat : Jalan. Jenderal Ahmad Yani No.98 Purwakarta

Visi dan Misi :
Tujuan pendidikan menengah kejuruan  adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan  lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar